PENGURUS PUSKAP ADAKAN KONFERENSI NASIONAL MAHASISWA “SIMANIS PUBLIK & CALL FOR PAPER”

SIMANIS PUBLIK merupakan Konferensi Mahasiswa Administrasi Publik. Kegiatan ini pertama kali diadakan oleh Pusat Kajian Admnistrasi Publik dibawah naungan program studi Administrasi Publik. Simanis publik ini juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menuangkan ide kreativitasnya dalam bentuk paper. Kegiatan ini tidak hanya diikuiti oleh mahasiswa administrasi public saja melainkan juga bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa secara nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah Meningkatkan semangat kreativitas, produktivitas, dan jiwa kompetitif para mahasiswa seluruh Indonesia dalam menulis artikel atau karya ilmiah tentang sektor publik pada era vuca, menciptakan budaya menulis dan meneliti secara metodologis kepada mahasiswa untuk menulis dan meneliti artikel atau karya ilmiah, dan mengembangkan kualitas jurnal yang telah dipresentasikan dan siap dipublikasikan agar bermanfaat bagi penelitian masa kini dan masa depan.

Pelaksanaan simanis publik ini dilaksanakan pada 12 Juni 2021 secara meeting online melalui via zoom. Mengingatkan kondisi saat itu berada di tengah pandemi covid-19 sehingga tidak bisa dilaksanakan secara offline. Simanis publik yang diselenggarakan mengusung tema “Inovasi dan Tantangan Sektor Publik di Era Vuca”. Vuca merupakan akronim yang berarti volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity yang mana kombinasi kualitas yang jika digabungkan mencirikan sifat dari beberapa kondisi dari situasi yang sulit. Tantangan untuk pemerintah yaitu bagaimana pemerintah melihat demokrasi dan pasar maka dari itu pemerintah daerah melakukan beberapa langkah.Langkah pemerintah daerah dalam menciptakan administrasi publik pada era vuca ini yaitu upaya dalam globalisasi, meminimalisir krisis lingkungan, individualisme dan pluralism, meningkatkan era digital, perubahan demografi, dan konvergensi teknologi.

Meskipun baru pertama kali diadakan simanis publik, peserta yang menyambut kegiatan ini sangat antusias. Terlihat dari banyaknya pendaftar pada acara simanis publik yang terdiri dari 60 judul paper yang terdiri dari 45 tim presenter dan 81 audiens. Meski diadakan secara online, tidak menutup semangat peserta untuk mengikuti kegiatan simanis publik. Karena dalam acara ini tidak hanya call for paper akan tetapi juga terdapat acara konferensi dengan mendatangkan 3 narasumber yang luar biasa, yaitu Mujib, S.Psi., M.Si seorang akademisi Politeknik Negeri Pontianak, Dr. Agus Widiyarta, M.Si seorang akademisi UPN Veteran Jawa Timur dan Dr. Agus Prastyawan, M.Si seorang akademisi Universitas Negeri Surabaya. Dengan hadirnya ketiga narasumber tersebut peserta berantusias untuk mengikuti acara tersebut.

Setelah kegiatan dengan ketiga narasumber dilanjutkan dengan kegiatan pemaparan paper oleh presenter yang dibagai pada 12 room zoom dengan seorang reviewers pada setiap room zoom. Prensenter memaparkan hasil paper merea dengan sangat baik. Selama kegiatan simanis publik berjalan dengan lancar. Hasil akhir dari kegiatan simanis public ini terdapat reward untuk best presenter dan best paper untuk 3 paper terbaik. Dan juga hasil paper mereka dapat dipublish di jurnal yang telah terakreditasi dan jurnal nasional.

EnglishIndonesian