Administrasi Publik menyelenggarakan Bina Desa di Kabupaten Probolinggo

Program studi administrasi public UPN “Veteran” Jawa Timur memberangkatkan mahasiswa dalam kegiatan BINA DESA ke Kabupaten Probolinggo. Sebanyak 50 mahasiswa diberangkatakan pada 3 desa yaitu Desa Laweyan, Desa Benjarsari dan Desa Sumberbendo selama 4 bulan kedepan. Kegiatan BINA DESA bukan hanya satu kewajiban bagi mahasiswa untuk memenuhi nilai kuliah, namun juga dalam pelaksanaannya harus kita niatkan dalam hati untuk melakukan pengabdian di desa guna kemanfaatan desa terhadap aspek hukumnya, dan menjadi wadah untuk mahasiswa dalam melatih kerja sama serta mengasah kepedulian sosial di masyarakat.

Penerjunan KKN Bina Desa di Kecamatan Sumberasih Kab. Probolinggo

Bina Desa merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi serta menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. Kegiatan Bina Desa diharapkan dapat mengasah soft skill kemitraan, kerja sama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan.

Kegiatan Bina Desa dilaksanakan di 3 desa yakni Desa Laweyan, Desa Sumberbendo, dan Desa Banjarsari. Masing-masing bina desa memiliki fokus atau tema meliputi digital government, digital bisnis, dan digital society. Kegiatan bina desa bertujuan untuk mewujudkan desa digital.

Tujuan pelaksanaan BINA DESA adalah dimana mahasiswa selama empat bulan dapat mendampingi perencanaan program di desa, mulai dari kajian potensi, masalah dan tantangan pembangunan, penyusunan prioritas pembangunan, perancangan program, desain sarana prasarana, pemberdayaan masyarakat, pengelolaan Badan Usaha Milik Desa, supervisi pembangunan, hingga monitoring dan evaluasi. selanjutnya mahasiswa dapat memberikan pengalaman dalam bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai generasi andal. Memberikan kesempatan untuk mengembangkan bidang ilmu dan minat mahasiswa dengan luaran akhir dalam bentuk karya tertulis, audio-visual, maupun bentuk karya laporan akhir.

EnglishIndonesian