Kolaborasi Riset Administrasi Publik UPN Veteran Jatim dengan Administrasi Publik Universitas Diponegoro

Kolaborasi riset lintas perguruan tinggi semakin mendapatkan perhatian yang serius dalam dunia akademis. Perlunya kerjasama lintas disiplin untuk menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat, Program Studi Administrasi Publik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (PSAP UPNVJT) dan Departemen Administrasi Publik Universitas Diponegoro (DAP UNDIP) menjalin kemitraan yang berpotensi menghasilkan dampak besar.

Kunjungan kerja pertama dalam rangka kolaborasi riset ini telah sukses dilaksanakan pada tanggal 4-5 Agustus 2023. Tim riset dari PSAP UPNVJT, yang terdiri dari Arimurti Kriswibowo MSi, Indira Arundinasari M.AP, dan Agus Muljanto, M.Si, berkunjung ke DAP UNDIP. Diterima oleh Dr.AP.Tri Yuniningsih, M.Si selaku Ketua Departemen Administrasi Publik Undip, serta sejumlah Guru Besar dan jajaran pimpinan di DAP Undip.

Dalam pertemuan ini, diskusi hangat tentang rencana kolaborasi riset antara kedua lembaga tersebut menjadi sorotan utama. “Kolaborasi riset lintas perguruan tinggi menjadi jembatan untuk menggali wawasan baru dan menciptakan solusi yang lebih komprehensif dalam penelitian administrasi publik secara khusus pada topik digital government, kami sebagai PTN Baru perlu belajar dari saudara tua Administrasi Publik Undip yang memiliki lebih banyak pengalaman” ungkap Kriswibowo, Ketua tim kolaborasi riset dari PSAP UPNVJT.

Kedua tim riset membahas kerangka kerja penelitian yang akan diimplementasikan, skema-skema penelitian yang relevan, serta tata kelola organisasi di bidang administrasi publik. Yuniningsih menyambut baik langkah kolaborasi ini, menyatakan bahwa “melalui kolaborasi riset ini, kami berharap dapat saling memperkaya wawasan dalam penelitian administrasi publik.”

Kegiatan kunjungan kerja ini mendapat dukungan dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kolaborasi ini merupakan bentuk nyata dari semangat Kampus Merdeka dalam mendorong interaksi antarperguruan tinggi untuk menciptakan terobosan ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pada akhir pertemuan Dr. Teguh Yuwono, M.Pol., Admin, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNDIP mengapresiasi PSAP UPNVJT yang telah memperoleh akreditasi internasional FIBAA dan terakreditasi Unggul BAN-PT. “Rencana kolaborasi riset ini sangat sejalan dengan tema digital government yang saat ini sedang berkembang” kata Yuwono.

Kolaborasi riset ini memberikan harapan baru dalam menghadapi perubahan zaman dan mengakselerasi kemajuan ilmu pengetahuan. Kerjasama antarperguruan tinggi menjadi tonggak penting dalam menciptakan solusi inovatif yang relevan dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan teknologi. Dengan semakin eratnya kemitraan ini, diharapkan dapat meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) kedua institusi baik dalam wujud terjadi publikasi penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas, HKI, dan Implemented Agreement.

EnglishIndonesian