PENGEMBANGAN PUSAT KAJIAN BERBASIS DIGITAL GOVERNANCE

Program Studi Administrasi Publik UPN “Veteran” Jawa Timur baru saja menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Riset Kajian Berbasis Digital Governnace, Adapun narasumber dalam FGD tersebut yaitu Ali Roziqin, S.AP., MPA (Dosen Universitas Muhammadiyah Malang), Tito Rachmanto S. Kom (Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya), dan Dian Festy Anggraine, S.T, M.A, M.Eng (Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Probolinggo). Acara ini digelar di Hotel Bumi Surabaya pada Rabu, 16 Agustus 2023 yang dimoderatori oleh Kalvin Edo Wahyudi, S.Sos., M.KP selaku Kepala Laboratorium Administrasi Publik UPN “Veteran” Jawa Timur.

Saran yang diberikan oleh Tito Rachmanto, S. Kom (Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya) dalam pengembangan riset kajian berbasis digital governance yaitu 1) disarankan pusat kajian memenuhi Standart ISO 7001:13 agar dapat membuat keamanan maupun terdapatsSupport TI juga. 2) Pemimpin harus membuat perencanaan dan anggaran, serta 3) Roadmap. Narasumber kedua Ali Roziqin, S.AP, MPA (Dosen Universitas Muhammadiyah Malang) menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pengembangan laboratorium prodi sebagai kajian pengetahuan dan keilmuan, peran laboratorium harus berfokus sebagai SPKK (Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Khusus). Dian Festy Anggraine, S.T, M.A, M.Eng juga menyampaikan pentingnya komitmen pimpinan dalam pengembangan pusat kajian.

Luaran dari kegiatan FGD adalah Grand Design Riset Pusat Kajian Digital Governance dan SOP Pusat Kajian Digital Governance. Arah riset Pusat Kajian Digital Governance berfokus pada Digital Governance.

EnglishIndonesian